Tafsir Durkheim Terhadap Kegemaran Posting Quotes Para Millenials

generasi quotes via wishestrumpet.com
                     
Sosial media bagi generasi muda Indonesia saat ini tidak hanya media untuk berkomunikasi tetapi juga menjadi alat untuk menunjukkan eksistensinya. Keaktifan mereka di sosial media ditandai dengan semakin banyaknya “friends” dalam path atau follower pada twitter dan instagram. Selain itu dengan seberapa banyak mereka memposting konten di sosial media.

Aktivitas di social media generasi muda Indonesia dikuatkan oleh, data mengenai pengguna media sosial di Indonesia dikeluarkan oleh We Are Social Agustus 2015. Data tersebut menyatakan bahwa pengguna media sosial aktif kini mencapai 2,2 miliar, sedangkan pengguna mobile mencapai 3,7 miliar. Pertumbuhan yang paling signifikan ditunjukkan oleh pengguna yang mengakses media sosial melalui platform mobile. Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan dengan angka mencapai hampir 1,5 miliar.

Yang menarik untuk dilihat adalah apa yang mereka “posting” melalui sosial media karena ini berkaitan erat dengan strategi marketing dan cara berkomunikasi dengan generasi tersebut. Sharing kata – kata mutiara bijak dalam bentuk quotes salah satunya. Pada pagi hari adalah waktu yang paling sering dipilih untuk memposting quote. Alasan yang paling sering dikemukakan mengapa mereka memposting quote adalah untuk memberikan semangat ke diri sediri dan teman – teman di sosial media mereka. Sebagai ungkapan “good morning, my friend..I’m here".

Bentuk quotes yang mereka pilih adalah ketika kata – kata yang tertulis yang paling menggambarkan keadaan diri dan lingkungan mereka. Ketika Kata- kata yang cocok di hati ini memiliki bentuk font tulisan, layout dan background menarik, maka terpilihlah suatu qoute untuk diposting. Terkadang alasan pemilihan terakhir suatu qoute untuk diposting adalah adalah apakah quotes yang nantinya di posting ini memberikan ide untuk di share lagi oleh teman – teman mereka di sosial media.

Lalu dari manakah sumber quotes yang mereka posting? Kebanyakan dari mereka adalah melakukan re-post dari teman. Ketika quotes itu hadir di timeline mereka, lalu kata –kata tersebut cocok dengan mood mereka , lalu mereka melakukan repost. Tak jarang mereka langsung melakukan tanpa melakukan pengecekan kebenaran quotes yang mereka repost. mereka lebih fokus kepada “konten” tanpa mengetahui sumber quotes bahkan melakukan pengecheckan nama yang mengeluarkan quotes.

Menurut Durkheim, kelompok generasi muda yang sekarang menjadi sebagian besar pengguna sosial media adalah generasi transisi. Berbeda dengan generasi X , generasi muda yang lahir diatas tahun 1982 yang kemudian disebut sebagai generasi Y ini dinyatakan tidak memiliki values. Hal ini disebabkan karena generasi Y lahir di masa transisi dimana terjadi gejolak sosial politik sehinggga terjadi kekosongan. Sehingga  apapun bentuk kearifan yang dilihat Gen Y ketika kontennya relevan dengan keadaan mereka dijadikan sebagai pegangan.

Yang paling menyedihkan adalah kemudian ketika quotes dijadikan sebagai bahan sindiran bagi kedaan lingkungan bahkan keadaan teman mereka di media sosial. Kemudian terjadi bentuk yang dinamakan “perang quotes”. Ketika kata – kata bijaksana menjadi senjata untuk beradu argumen di dunia maya tanpa kemudian diantara mereka saling bertemu muka berdiskusi mencari jalan perdamaian. Mereka kemudian saling “mengunfriend” dan terputuslah jalinan pertemanan di dunia maya dan di dunia nyata.

Edith Lavindri
Youth Laboratory Indonesia

Kata Kunci: ali adrian rusmiputro, moto gp, pemasaran , tren anak muda , riset anak muda , riset pemasaran , strategi pemasaran anak muda , jasa riset , jasa riset pemasaran , biro riset pemasaran , konsultan pemasaran , youth culture asia , youth culture report , youth data , youth indonesia , youth insights , youth marketing indonesia , youth marketing reports , youth research, youthlab , indonesian youth , data anak muda , penelitian tentang anak muda , hasil survei tentang anak muda , jasa penelitian , anak muda indonesia , perilaku anak muda , youth behavior , orang tua


Komentar

Postingan Populer